Senin, 12 Desember 2011

Apa sih itu Jaringan komputer? ada apa saja di Basic Networking ?

waaah sudah lama saya tidak posting lagi hhe.. sekarang saya akan posting tentang basic networking, let see :D
oke sekarang apa sih itu jaringan komputer?
Jaringan komputer adalah “interkoneksi” antara 2 komputer atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Jenis-jenis jaringan berdasarkan jangkauan

1. PAN (Personal Area Network)
Jaringan komunikasi dalam jarak sangat dekat, jaringan ini digunakan biasanya kurang dari 10 meter jaraknya. Contohnya pada handphone kita yakni bluethoot.

2. LAN (Local Area Network)
Jaringan ini adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, LAN ini dapat di gunakan biasanya di sebuah ruangan misalnya ruangan sekolah, dan seperti sebuah kantor pada sebuah gedung

3. MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan ini lebih besar cakupannya dari LAN, jaringan ini sudah memasuki gedung dalam suatu daerah, misalnya propinsi atau Negara bagian

4. WAN (Wide Area Network)
Jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit ataupun kabel serat optic, karena secara jangkauan, jaringan WAN ini lebih luas di bandingkan jenis-jenis jaringan sebelumnya.
Tipe Jaringan berdasarkan fungsi

1. Client-Server
Server adalah computer yang menyediakan fasilitas bagi computer-komputer lain di dalam jaringan dan client adalah computer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh server.

2. Peer to Peer
Server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation, dengan tidak mengandalkan satu computer pada tipe ini untuk menjadi server maka jika server satu mengalami kerusakan maka server lain dapat membantu menjadi server sehingga jika terdapat gangguan maka akan segera dapat di atasi.

Topologi Jaringan
Topologi adalah pola atau model pada suatu jaringan
1. Mesh
Hubungan antar sentral secara penuh, Mesh merupakan penggabungan atau perkembangan dari topologi ring. Topologi mesh ini membutuhkan banyak kabel, jika host/computer satu rusak tidak akan mempengaruhi host/computer lain

2. Bus
Pada topologi ini digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan, Topologi bus ini menggunakan satu jalur yakni jalur utama, dengan menggunakannya satu jalur saja dapat mengakibatkan terjadinya tabrakan data (collision detection)

3. Ring
Di dalam topologi ring, semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu computer ke computer lainnya, bila alamat-alamat yang dimaksudkan sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. Dalam topologi ring terdapat token passing schema

4. Star
Pada topologi star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. (berpusat pada satu hub/switch).

5. Tree
Topologi gabungan dari beberpa topologi yang ada, yang bias memadukan konerja dari beberapa topologi yang berbeda

Berdasarkan media transmisi
1. Wire (menggunakan kabel)
Terdapat beberapa tipe yakni :
a. Thin Ethernet (Thinnet)
b. Thick Ethernet
c. Twisted pair Ethernet
d. Fiber Optic

2. Wireless (koneksi tanpa menggunakan kabel)
Terdapat beberapa tipe yakni :
a. Wi-Fi
b. WiMAX

3 Jenis Kabel :
1. Straight-Through (menghubungkan berbeda jenis kabel)
2. Cross-Over ( menghubungkan sama jenis kabel)
3. Roll-Over

3 komentar:

  1. Maaf saya kurang mengerti apa itu WLAN Jaringan...

    dan caranya buat menyetting WLAN Jaringan di HP itu gimana sih ??
    makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. WLAN jaringan tuh wireless yang sudah mendunia gan..
      kalau nyeting WLAN di hp kurang tau gan, coba cari di blog sebelah :)

      Hapus
  2. wah mantaps lah, info yang sangat bermanfaat..

    BalasHapus