Minggu, 18 Desember 2011

Script login dan logout pada php

hai kwand, sekarang saya akan bahas tentang script login dengan menggunakan status dan tanpa status, terkadang ketika kita buat program menggunakan php,  untuk login ada kalanya kita login hanya sebatas admin saja, tapi sekarang saya akan bahas login tidak hanya sebatas admin, jadi bisa login sebagai tamu misalnya atau login sebagai operator atau ya tinggal di ganti-ganti aja itu login sebagai apanya, oke langsung kita bahas aja yaaa
  1. oke sekarang saya bahas dulu yang login tanpa menggunakan status, jadi kasusnya misalnya saya mau login aja sebagai satu-satunya user yang bisa login yakni admin :
    pertama-tama di phpmyadmin kita buat dulu tuh databasenya, misalnya kasih nama table dengan pengguna, nah isi filed dengan id_pengguna, username dan passowrd seperti di bawah ini :


    nah jika sudah membuat databasenya, sekarang kwand semua buat menggunakan notepad yakni notepad baru dan isikan script ini dan simpan dengan nama login.php:


    nah jika sudah sekarang kwand buat tab baru dan isikan script di bawah ini dan simpan dengan nama proseslogin.php :
     
        
    kalau udah tinggal di save deh, gampang kan? hhe..
  2. oke sekarang saya buat yang menggunakan status
    copy kan script ini di notepad kwand sama halnya seperti di atas hanya saja ini yang berbeda itu adalah pada script proses loginnya, jadi di login.php itu sama saja, sekarang kita akan buat script proseslogin.php untuk yang menggunakan status, oh iya untuk di databasenya tinggal tambahkan setelah password dengan field "status"...


    nah jadi kasusnya di sini saya punya 3 user untuk login, 
  3. Sekarang saatnya saya kasih tau script logout nya, simpan script ini dengan nama logout.php :
nah nah nah gimana kwand, gampang kan? selamat mencoba yaaa :D tunggu postingan reasker selanjutnya, semoga ini bermanfaat untuk kwand semua :D

5 komentar:

  1. Ternyata banyak juga ya macam2 script logout yang saya lihat..

    di blog sebelah, script logoutnya banyak banget..
    tapi disini sedikit, dan itupun berhasil... :D

    thx untuk sharenya ya gan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyak variansi untuk membuat script login dan logout gan..

      oke-oke sama-sama, semoga bermanfaat ya gan :)

      Hapus
  2. gambarnya banyak yg g bisa di gedein,,jadi g bisa baca,gedein dunk Gan,thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, tinggal klik aja gambarnya nanti juga ngegedein sendiri :)

      Hapus