Kamis, 10 Februari 2011

Penyebab Melambatnya Kinerja Komputer ( Tip dan Trik) Part I

oke gan.. sekarang coretan ketiga seorang reasker akan membahas tentang "penyebab melambatnya kinerja komputer". kira2 kenapa yaa kinerja komputer bisa lambat atau lelet???banyak penyebabnya, dan yang akan saya bahas adalah tip dan trik agar komputer tidak lambat, oke kita langsung aja ke TKP agar ga banyak basa-basinya hhe.. :)

      Tip dan Trik pertama yang harus di ketahui oleh user (agan-agan sekalian/pengguna komputer) adalah mengetahui faktor-faktor penyebab melambatnya kinerja komputer.

# File Temporary
      Komputer secara alami akan membuat beberapa file temporary yang tersimpan secara otomatis di dalam sistem. Sebenernya, file temporary cukup berguna yaitu menyimpan segala informasi yang pernah di akses oleh sistem dan akan dengan mudah menampilkan informasi tersebut ketika diakses kembali. Namun apabila kondisi seperti ini tidak terpantau bisa memberikan efek negatif, yaitu melambatnya kinerja komputer. File temporary dibedakan menjadi tiga macam, yaitu Internet Cache,Recycle Bin, dan File Temporary (Sementara) Windows.

     nah sekarang saya akan bahas tentang Internet Cache terlebih dahulu untuk Recycle Bin dan File Temporary (Sementara) Windows akan di bahas sesudah ini, tunggu saja coretan seorang reasker selanjutnya ^_^..

    oke kita mulai tentang Internet Cache !!! Let's check it out..

     Web Browser (misalnya, kita ambil salah satu yaitu Internet Explorer) secara khusus akan membuat file temporary yang sering di sebut "Internet Cache". Proses penyimpanan internet cache terjadi pada saat browsing di internet. Sebenernya, file temporary semacam ini tidak dibutuhkan setelah agan menghentikan kegiatan browsing di internet. Selebihnya, file ini hanya akan "memakan" ruang kosong di hard disk. Apabila file internet cache di biarkan begitu saja dalam jangka waktu yang cukup lama, maka keberadaannya hanya akan membuat kinerka komputer menjadi lambat. Untuk melihat keberadaan file internet cache, silahkan agan lakukan langkah berikut ini :

    pertama : agan jalankan aplikasi browser ( misalnya internet explorer)
    kedua : agan pilih menu (tools) => (internet option) 
    ketiga : ketika agan pilih option
    keempat : agan pilih setting pada internet temporary files itu nanti akan menampilkan kotak dialog (temporary internet files)    
    kelima : setelah agan pilih itu agan klik tombol (view file) untuk membuka windows (temporary internet files)
     keenam : apabila agan ingin menghapusnya, silahkan tutup tampilan (teporary internet file) dengan menekan tombol (OK). Selanjutnya, klik tombol (Delete File) pada bagian (Temporary Internet Files) untuk menghapus file internet cache. Klik (Yes) ketika muncul tampilan :"Apakah Anda Yakin Akan MEnghapus File Temporary Internet?"

        itu lah salah satu langkah untuk mempercepat kinerja komputer, ini hanya Internet Cache, nantikan coretan seorang reasker selanjutnya untuk dapat membaca Tip dan Trik mempercepat kinerja komputer Part Ia, semoga coretan ini dapat membantu agan sekalian.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar